Selamat datang di Blog Irsyad Hilmi. Blog yang akan memberikan solusi tepat untuk mengobati semua masalah kesehatan anda dengan cepat, tepat yang pasti aman. selamat membaca dan jangan lupa share blog ini jika blog ini bermanfaat untuk semua orang khususnya anda

Pengobatan Medis Untuk Penyakit Kanker Hati


Pengobatan medis untuk penderita kanker hati dilakukan sesuai dengan tingkat stadium penyakit kanker serta kondisi dari pasiennya. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kanker hati antara lain : tindakan operasi, ablasi tumor, kemoterapi dan radiasi.

Apabila penyakit kanker hati masih dalam tahap stadium 1, maka tingkat keberhasilan dengan tindakan medis masih sangat tinggi. Akan tetapi jika sudah memasuki tingkat stadium 2 atau 3 maka tingkat kesembuhan semakin kecil. Bagi pasien yang sudah memasuki fase stadium akhir, penanganan medis yang dilakukan hanya ditujukan untuk mengurangi rasa sakit serta memperpanjang umur pasien.

Penanganan Medis Dengan Cara Operasi

Sampai saat ini pengobatan medis yang paling umum dilakukan adalah operasi, baik transplantasi hati ataupun pengangkatan sel tumor ( reseksi ). Tindakan medis operasi ini memberikan tingkat kesembuhan paling tinggi, apabila sel kanker pada hati seluruhnya berhasil diangkat, maka pasien memperoleh kesembuhan total. Operasi yang dilakukan terdapat dua metode antara lain hepatektomi parsial dan hepatektomi total ( transplantasi hati ).

Hepatektomi Parsial

Tindakan operasi ini ditujukan hanya untuk mengangkat sel tumor tanpa melibatkan organ hati secara keseluruhan. Hepatektomi parsial dapat dilakukan untuk jenis sel tumor yang belum menyebar hingga ke pembuluh darah. Untuk menjalani operasi Hepatektomi parsial, fungsi hati pasien harus dalam kondisi yang sehat.

Sayangnya, sebagian besar kasus penyakit kanker hati tidak bisa dibuang secara keseluruhan dengan tindakan operasi ini, hal ini dapat dikarenakan jumlah sel kanker yang terlalu banyak atau memiliki ukuran sel tumor yang cukup besar ataupun sudah menyebar ke organ tubuh lainnya

Efek SAMPING YANG KEMUNGKINAN DAPAT TERJADI ANTARA LAIN:
  • · pendarahan
  • · infeksi
  • · komplikasi dari anestesi
  • · Terjadi pembekuan darah
  • · radang paru-paru.
Hepatektomi Total ( Transplantasi Hati )

Hepatektomi total atau transplantasi hati bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi sebagian pasien kanker hati dengan ukuran sel kanker yang masih tergolong kecil. Tindakan operasi ini dapat dilakukan pada pasien dengan ukuran tumor kecil ( 1 tumor dengan ukuran lebih kecil dari 5 cm atau 2 sampai 3 tumor dengan ukuran tidak melebihi 3 cm ) yang belum melakukan perusakan pada pembuluh darah disekitarnya.

Transplantasi hati ini menjadi pilihan yang baik karena organ hati yang baru tersebut dapat berfungsi dengan normal. Namun kesempatan untuk melakukan atau mendapatkan transplantasi organ hati sangat terbatas, pasalnya hanya terdapat sekitar 6.500 organ hati yang tersedia untuk tindakan transplantasi dalam setiap tahunnya, dan organ-organ hati tersebut juga digunakan kepada pasien yang bukan menderita penyakit kanker hati.

Sistem prosedur operasi terbagi menjadi dua langkah. Yang pertama organ hati yang sehat akan diambil dari pendonor, langkah kedua kemudian di transplantasi ke dalam tubuh pasien yang organ hatinya telah mengalami kerusakan. Proses transplantasi ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Efek Samping Yang Dapat Ditimbulkan Antara Lain :
  • · Infeksi
  • · Terjadi pembekuan darah
  • · Penolakan organ hati oleh tubuh
Ablasi Tumor

Ablasi tumor adalah tindakan medis dengan menghancurkan sel tumor pada organ hati tanpa tindakan operasi atau pengangkatan. Penanganan medis ini umumnya dilakukan terhadap pasien yang memiliki ukuran sel tumor yang masih tergolong kecil serta tidak dapat menjalani tindakan operasi kanrena alasan kesehatan dan lain-lain. Ablasi tumor terkadang dilakukan terhadap pasien yang sedang menunggu proses transpantasi hati.

Tindakan medis ablasi tumor sangat tepat dilakukan terhadap pasien dengan ukuran sel tumor yang tidak melebihi ukuran 3 cm ( sedikit lebih dari 1 inci ). Sedangkan untuk ukuran tumor yang lebih besar ( antara 3 hingga 5 cm ) dapat dilakukan bersamaan dengan proses embolisasi tumor. Ablasi tumor dapat menghancurkan jaringan-jaringan sehat disekitar tumor, sehingga tidak dianjurkan kepada pasien dengan sel tumor yang terdapat didekat diafragma, pembuluh darah besar atau saluran empedu utama.

Berikut Macam-Macam Penanganan Ablasi Tumor :
  • · Radiofrequency ablation (RFA). Pengobatan jenis ini menggunakan gelombang radio energi tinggi dimana bertujuan untuk memanaskan sel tumor serta membasmi sel – sel kanker
  • · Ablasi Etanol. Dalam proses ini menggunakan alkohol yang sudah terkonsentrasi, kemudian disuntikkan langsung untuk membunuh sel-sel tumor dan kanker.
  • · Cryosurgery. Prosedur yang ketiga ini menghancurkan sel tumor dengan cara membekukan sel tumor.
Efek Samping Yang Dapat Terjadi :
  • · Perut terasa sakit
  • · Organ hati mengalami infeksi
  • · Terjadi perdarahan pada rongga dada atau perut
  • · Mengalami komplikasi serius lainnya yang jarang terjadi

Kemoterapi

Kemoterapi adalah tindakan medis dengan menggunakan obat-obatan guna membunuh sel-sel kanker pada organ hati. Kemoterapi umumnya menggunakan obat anti-kanker yang akan disuntikan pada pembuluh darah ataupun dapat diminum melalui mulut. Obat ini akan masuk ke pembuluh darah dan dapat mencapai keseluruh organ tubuh, sehingga penanganan medis ini dapat dilakukan terhadap pasien kanker hati yang sudah mengalami penyebaran ke organ dan jaringan tubuh lainnya.

Efek Samping Dari Kemoterapi :
  • · kerontokan pada rambut
  • · sariawan
  • · napsu makan menjadi hilang
  • · mual dan muntah
  • · diare
  • · mudah terinfeksi
  • · mudah memar atau pendarahan
  • · mudah lelah

Efek samping dari kemoterapi yang dirasakan pasien umumnya tidak berlangsung lama dan akan hilang apabila pengobatan kemoterapi telah selesai. Karena efek samping yang ditimbulkan membuat pasien tidak nyaman maka pasien sering diberikan obat seperti untuk mengurangi mual yang disertai muntah.

Terapi Radiasi ( Radioterapi)

Radioterapi adalah tindakan medis pengobatan kanker hati berikutnya yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan partikel X-ray dalam menghancurkan sel kanker hati.

Efek Samping Yang Akan Dialami Pasien Meliputi:
  • · kelelahan kronis
  • · kulit mengalami iritasi
  • · napsu makan menjadi hilang
  • · mudah terkena infeksi
Dari ke 4 pengobatan medis kanker hati diatas, terdapat keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pihak dari rumah sakit atau dokter akan merekomendasikan pengobatan medis yang paling tepat kepada pasiennya


Baca Juga :


PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

Selamat Berkomentar ...........

Emoticon